Pertanyaan tentang Kedewasaan

Akhir-akhir ini aku merasa dihantui oleh sebuah tanda tanya besar. Sebenarnya kedewasaan itu ditentukan oleh apa sih? Dulu kupikir kedewasaan itu tumbuh berbanding lurus dengan pertambahan usia seseorang. Tapi belakangan kupikir teoriku itu keliru.

Tumbuh menjadi manusia yang makin tua dari waktu ke waktu merupakan hukum alam yang pasti, bahkan mutlak. Namun, tumbuh jadi manusia yang makin dewasa dari waktu ke waktu sepertinya relatif hukumnya. Apakah hukum relativitas Einstein bisa diterapkan pada kasus ini? *berpikir keras mode: on*

Aku pernah bertemu dengan ratusan, bahkan mungkin ribuan orang dalam hidupku. Mereka selalu memiliki karakter masing-masing yang berbeda satu dengan yang lain. Aku kenal dengan beberapa orang secara mendalam, dan bisa sedikit menyelami karakter mereka. Banyak yang usianya lebih muda tapi bisa bersikap dan bertindak lebih dewasa. Tak jarang juga yang usianya lebih tua tapi kelakuannya kaya anak-anak. Jadi, sebenarnya faktor apa sih yang mempengaruhi tingkat kedewasaan seseorang? Adakah rumusnya?

Kalau menghadapi anak-anak yang kekanak-kanakan, tentu bisa disiasati. Namanya juga anak-anak, wajar dong kalau kekanak-kanakan. Tapi saat harus berhadapan dengan orang dewasa yang kekanak-kanakan, gimana cara menghadapinya? Mau pakai cara kaya cara menghadapi anak-anak, kok orangnya lebih tua. Tapi, kalau pakai cara kaya orang dewasa, kok yang bersangkutan tidak bisa mencerna ya? Cape banget kalau harus berhadapan dengan orang seperti ini. Sangat menyita tenaga dan pikiran. Selain itu juga butuh stok kesabaran ekstra.

Jadi merasa kaya lagi ujian, terus dapat soal “Sebut dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kedewasaan seseorang!” dan ga bisa jawabnya. Trus di nomor berikutnya ada lagi pertanyaan “Bagaimana cara yang efektif untuk menghadapi orang dewasa yang belum dewasa?” Huff…

6 Tanggapan to “Pertanyaan tentang Kedewasaan”

  1. hey, itulah daku org yg dewasa tp masih kekanak2an. mungkin krn selalu bergaul dgn org yg lebih tua kali ya ketika SD-kuliah, aku slalu jd yg paling muda. tp saya rasa banyak juga org yg tampak dewasa, namun ternyata ketika masalah berat menimpa teruji tingkat emosinya dan ternyata masih belum dewasa. dewasa itu pilihan hidup.

    salam kenal..

    • iya juga ya, dewasa itu pilihan. bener banget. hm,,kapan ya aku bisa memilih untuk jadi dewasa? hehe..

      salam kenal juga

  2. Bicara kedewasaan berarti kita membicarakan mengenai cara berpikir seseorang ataupun cara bertingkah laku seseorang, bukan mengenai masalah umur/usia seseorang. Umumunya semakin bertambah usia seseorang, kedewasaannya juga bertambah. Dalam usia yang sama, tingkat kedewasaan seseorang belum tentu sama dengan orang lain. Inilah yang menyebabkan kita sering menjumpai orang yang umurnya lebih tua namun tingkat kedewasaannya jauh dibanding seseorang yang lebih muda darinya.

    Jadi sebenarnya tingkat kedewasaan itu akan selalu berkembang (kalau tidak ada halangan). Namun, tingkat perkembangan kedewasaan seseorang dengan orang lain tidaklah sama, ada yang cepat, ada pula yang lambat. Tingkat kedewasaan seseorang dapat dipengaruhi oleh lingkungan, terutama keluarga dan teman, beban hidup/masalah yang dihadapi, tingkat pendidikan mungkin juga mempengaruhi karena kedewasaan itu sebenarnya adalah proses pembelajaran.

    Apakah kedewasaan bisa diukur? Tidak ada alat ukur yang pasti untuk mengetahui tingkat kedewasaann seseorang. Kedewasaan itu relatif, tidak bisa diukur, namun dapat dibandingkan. Bandingkanlah dua orang yang menghadapi masalah yang sama atau hampir sama, tentang bagaimana mereka memikirkan, menyikapi, atau bahkan menyelesaikan masalahnya tersebut, maka kita mungkin bisa menilai dan membandingkan tingkat kedewasaan kedua orang tersebut.

    Jadi kesimpulannya…
    (eh, sudah dulu ding gak enak kalo komentarnya hampir menyamai postingan)
    Tapi sebelum pergi ngiklan dulu…

    Mau ikutan kuliah membaca?
    Kunjungi blog kami di sini

  3. oalah, ngiklan tho..
    jadi sepakat ga yg kemaren?

  4. nyandi setiawan Says:

    apakah yg d mksd kedewasaan itu orng yg pergaulannya luas,trz sk merokok/mabuk, brni dlm hal apapun kyk kjhtn to apa gt?koq kykny q jd anak alim tp g prnh d pandang dewasa seseorang. mngkn pergaulanku g luas, q jg pendiam dan srng pnyendiri. q jg slalu ngikutin prnth agama,jdny jrng brbuat aneh2 gt. tp knp q merasa g dewasa ataupun d anggap dewasa orang lain?pdhl umrq 22,tp kt orng lain kyk 19. pdhl q jg tipe orng yg brpkr k depan?pa g cukup?

    • emang sih, bicara kedewasaan itu bicara relativitas, hehe.. susah juga mendeskripsikan dewasa yang sebenarnya tuh kaya apa.

Tinggalkan komentar