Lima Hari Kemudian…

Ga terasa, lima hari telah berlalu sejak behel ini terpasang di gigiku. Ada banyak hal baru yang kutemui, yang mungkin sebelumnya belum terprediksi. Mulai dari  mencari alternatif makanan pengisi perut sampai masalah bibir kering dan sariawan.

Soal ga bisa makan seperti biasa sih sudah terprediksi sebelumnya. Pada awal-awal pemakaian behel, dokter menyarankan untuk menghentikan sejenak aktivitas kunyah-mengunyah. Sebagai gantinya, beliau menyarankan untuk menggantinya dengan aktivitas telan-menelan. “Jangan makan nasi dulu ya seminggu ini, minum jus atau makan bubur aja, langsung ditelen, biar lemnya ga lepas.” Begitulah kurang lebih pesen dari dokterku. I will Dok! Pertama-tama sih ga masalah minum jus terus, sehari,dua hari, tiga hari, tapi lama-lama bosen juga. Mulai deh ekspansi ke bubur ayam sama bubur bayi instan gitu. Hasilnya? Sukses menurunkan berat badan sekilo lebih hanya dalam waktu kurang dari seminggu!

Setelah memakai behel, aku memang merasa bibirku jadi gampang kering, mungkin karena sering susah mingkem, banyakan mangapnya (karena mulut masih belum terbiasa dengan behel) . Ga tau deh teori dari mana. Semoga hal ini tidak akan berlangsung lama. Nah, solusi yang sampai saat ini masih jadi andalanku adalah polas-poles. Bukan sembarang poles, karena kalau salah poles nanti malah jadi tambah runyam masalahnya. Sebisa mungkin aku membawa senjata andalanku, yaitu lip balm! Saat bibir mulai terasa kering, ga nunggu lama-lama langsung oles aja. Aku ga pake lipstick, lipcolor, apalagi lipgloss. Menurut pengalamanku, memakai benda-benda itu saat kondisi bibir lagi ga fit malah akan memperparah kondisi bibir, jadi lebih kering misalnya.

Selain bibir kering, hal yang pasti terjadi adalah serangan sariawan. Bagian dalam pipi dan bibir sering mengalami gesekan dengan behel yang mengakibatkan lecet dan sariawan. Mengganggu banget sih enggak, tapi terasa sedikit ga nyaman aja. Sejauh ini sih aku belum menggunakan obat khusus untuk mengatasi sariawan. Cukup berusaha menyukupi kebutuhan vitamin C setiap harinya. Dan Alhamdulillah, sejauh ini masih bisa diatasi.

Masalah lain yang juga cukup mengganggu adalah rasa sakit yang mendera gigi-gigiku saat disikat. Uurrgghh! Ampun deh rasanya. Ga cuma pas disikat, kadang pas tanpa sengaja ‘tertabrak’ sendok saat aku menyuapkan makanan juga sakitnya minta ampun. Hadoooh. Tapi gapapa, demi kesehatan yang lebih baik, aku rela berkorban T___T

Sementara itu aja sih masalah-masalah yang muncul seiring dengan pemasangan behel di gigiku. Semoga ga nambah banyak aja. Semangat! ^__^

Tinggalkan komentar